Selamat Jalan Ibu Hajjah Dharmawati Tabrani Hadi

Catatan Asep Haryono

Bermula pada pagi hari itu Jumat 7 Juli 2017 sekitar pukul 05.25 WIB pagi saya mendapat kabar duka dari istri tercinta yang meneruskan informasi dari Ibu Siti Ruslia Al Azhar bahwa ibunda Tabrani Hadi meninggal dunia.  Sempat saya gagal paham dan saya minta istri untuk mengulangi kembali informasi tadi. Sontak saya kaget karena setahu saya ibu Tabrani Hadi sehat sehat saja.

Belum lama rasa kekagetan saya , kemudian pukul 05.33 WIB datang lagi pesan singkat BBM dari mba Kusmalina atau mba Lina "Kang Ibu Tabrani Meninggal".  Saya pun segera menelpon Bapak Heriyanto Sagiya, Pemred Pontianak Post, via telepon untuk memastikan berita ini. Ya Allah, jelaslah sudah. dan barulah saya merasa yakin Isttri tercinta Bapak H.Tabrani Hadi, mantan CEO Pontianak Post, Ibu Hajjah Nyimas Tabrani Hadi menghembuskan nafas terakhirnya hari itu.  Innalillahi Wainna Ilaihi Radjiun

Disholatkan Dua Kali
"Rencana sih anak anak ke rumah duka sekitar pukul 08.00 WIB kang" kata Bapak Heriyanto Sagiya, Pemred Pontianak Post yang saya hubungi via telepon. Saya pun segera mempersiapkan diri untuk meluncur ke rumah duka yang terletak di kawasan elit MT Haryono Pontianak.

Setelah urusan di rumah selesai, dengan menggunakan baju berkerah berwarna dasar hitam dan celana kain warna biru dongker saya pun memacu motor saya menuju rumah duka. Saya berharap tidak terlalu terlambat, dan Alhamdulillah tidak terlambat.

Sekitar pukyl 07.45 WIB saya sudah berada di rumah Duka bersama dengan bapak bapak lainnya dan keluarga dan kerabat rumah duka  yang sepertinya sudah siap untuk mendirikan Sholat Jenazah untuk Almarhumah.

Saat itu belum ada satupun "awak" atau kawan kawan dari Pontanak Post hadir. Tampak banyak pejabat penting dari Pemkot Pontianak hadir seperti bapak Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono sudah hadir di antara para pelawat.  Saya bahkan bersebelahan dengan beliau saat mengambil air wudhu. Pengen mau minta foto selfie dengan beliau namun saya urungkan, momennya kurang pas.

Sebelum pelaksanaan Sholat Jenazah dimulai, satu persatu tamu undangan dan para pelayat mulai berdatangan wabil khusus kawan kawan seperjuangan saya dulu di Pontianak Post hadir dan berhasil saya lihat sendiri misalnya Bapak Salman, Budi Dharmawan, Bang Yugo , Dede, Ibu Silvina (Sekred) , Mba Endah (Manager HRD), Mba Mahala (Asisten HRD), Mujiono, Timan,  (iklan), Pak Surya, Uun, Madi (M-Link), Indrayanto Ardi , Bu Rugaya, Suharti , Mba Emi (Keuangan). Bang Rudi dan masih banyak lagi lainnya.  Tidak ketinggalan fotografer senior Pontianak Post mas Timbul Mujadi, Haryadi dan Shando Safela juga hadir.

Pak Tabrani Hadi duduk di atas kursi di dampingi keluarga besarnya satu persatu meneria ucapan duka cita dari para pelayat yang hadir. Tampak jelas sekali kesedihan terpancar jelas dari wajahnya yang teduh. Sesekali air matanya dihapus dengan kedua tangannya. Ketika giliran saya duduk merunduk memberikan ucapan duka cita dan dukungan moril, pak Tabrani hanya mengangguk dan bersuara sangat pelan dan lirih.

Setelah SHolat Jenzah di rumah duka selesai, kemudian dengan mobil jenazah Masjid Mujahidin, jenazah kemudian dibawa menuju Masjid Raya Mujahidin untuk pelaksanaan Sholat Jenazah juga.  Hadir dalam mobil jenazah itu putra Almarhumah, Paris ,dan kerabat lainnya. Jenazah kemudian akan dikebumikan setelah berlangsungnya SHolat Jumat yakni di Pemakaman Musllim di BLKI atau yang lebih dikenal dengan kawasan areal Jalan Abrdurrahman Saleh Pontianak.

Dalam pengantarnya dari pihak keluarga Almarhumah disampaikan permohonan  maaf keluarga kepada para pelayat yang hadir. "Kami yang mewakli dari keluarga Almarhumah Ibu Hajjah Nyimas Dharmawati Tabrani Hadi memohonkan pintu maaf yang sebesar besarnya jika almarhumah semasa hidupnya ada kesalhan dan juga jka ada perkara hutang piutang dari Almarhumah agar mohon segera disampaikan kepada pihak keluarga" demikia kira kira isi pesan dari pihak keluarga almarhumah.

Selalu Sehat dan Bugar
Tidak banyak yang saya ketahui dari Almarhumah Ibu Hajjah Dharmawati Tabrani Hadi ini selain sebagai istri dari Bapak Haji Tabrani Hadi, mantan CEO Pontianak Post.   Saya hanya beberapa kali saja ikut serta dalam kegiatan yang dihadiri oleh Alharhumah. Salah satu kegiatan yang pernah saya ikuti bersama Almarhumah dan rombongan adalah saat memperingati Hari Ulang Tahun Pontianak Post yang ke 42 (Empat Puluh Dua) tanggal 29 Januari 2015 berkunjung silaturahmi ke rumah bapak H.Halim R, mantan Pemred pertama Pontianak Post.  Berita selengkapnya ada di sini.

Dalam suatu kesempatan saat berkunjung lebaran beberapa tahun lalu pun, Almarhumah selalu ceria dan tampak sehat sehat saja.  Itu yang saya lihat saat itu dan bahkan pada lebaran berikutnya Alhamdulillah.   Seperti tradisi yang berlaku di Pontianak Post, di hari Idul Fitrie, biasanya setelah kembali dari liburan Lebaran, kami dari Redaksi dan Ibu Ibu Dharma Wanita Pontianak Post bersilaturahmi ke rumah Bapak H.Tabrani Hadi.  Di sanalah kami selalu dijamu istimewa oleh Ibu Tabrani Hadi (almarhumah).   Almarhumah selalu senang menceritakan kondisi terbaru sang suami (Pak Tabrani) beserta aktifitas kesehariannya,  Di situ saya merasa Almarhumah  setia menemani sang suami , Bapak Tabrani Hadi, yang duduk di kursi roda.

Hal senada juga disampaikan oleh Ibu Ikasari Septiana. Dalam pesan Messengernya di saat saya melayat hari itu.  Ika, sapaan akrabnya, jufa tidak percaya kalau Bu Trabni Wafat. "Ya Allah padahal Ibu itu (Bu Tabrani) fisiknya dari luar sehat malah Pak Tab yang panjang Umur, sakit apa kang?" tanya Ika dalam pesan Messengernya.

Saya tidak dapat menjawab saat itu karena tidak mau berspekulasi penyebab wafaatnya Ibu Hajjah Tabrani Hadi.  Walau kemudian akhirnya saya sudah mendapat informasi dugaan penyebab wafatnya Almarhumah Ibu Tabrani Hadi namun tetap saya tidak akan sebutkan.

Biarlah pihak keluarga yang berduka saja yang menyampaikan. Menurut rencana akan diadakan Pengajian dan Pembacaan Yasin di rumah duka mulai hari kemarin hingga malan yang ketujuh di rumah duka.   Semoga amal ibadah almarhumah di terima Allah SWT, dan diberikan tempat yang terbaik disisiNYA, dan kepada keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan ketabahan dan kesabaran.  Sesungguhnya kami semua milik Allah dan kepada Allah SWT jugalah kita semua akan dikembalikan. 
 Selamat Jalan Ibu Hajjah Dharmawati Tabrani Hadi. (Asep Haryono)  

KARANGAN BUNGA : Berbagai ucapan duka cita dalam bentuk karangan bunga menghiasi di halaman depan rumah duka.  Foto Asep Haryono
KARANGAN BUNGA : Berbagai ucapan duka cita dalam bentuk karangan bunga menghiasi di halaman depan rumah duka.  Foto Asep Haryono

SHOLAT JENAZAH : Sholat Jenazah dua kali, pertama dilangsungkan di rumah duka, dan yang kedua dilaksanakan di Masjid Raya Mujahidin Foto Asep Haryono
SHOLAT JENAZAH : Sholat Jenazah dua kali, pertama dilangsungkan di rumah duka, dan yang kedua dilaksanakan di Masjid Raya Mujahidin Foto Asep Haryono
BELA SUNGKAWA :  Tampak kelas kesedihan Bapak Haji Tabrani Hadi saat menerima  salam dari para pelayat yang datang satu persatu memberikan ucapan bela sungkawa. Foto Asep Haryono
BELA SUNGKAWA :  Tampak kelas kesedihan Bapak Haji Tabrani Hadi saat menerima  salam dari para pelayat yang datang satu persatu memberikan ucapan bela sungkawa. Foto Asep Haryono



FOTOGRAFER :  Mas Timbul Mujadi dan Haryadi, fotografer Pontianak. Foto Asep Haryono
FOTOGRAFER :  Mas Timbul Mujadi dan Haryadi, fotografer Pontianak. Foto Asep Haryono


HADIR : Mantan Pemred Pontianak Post Bapak Drs B Salman yang kini menjabat Wakil Direktur bersama Bapak Budi Darmawan di lokasi pemakaman Almarhumah di BLKI Pontianak . Foto Asep Haryono
HADIR : Mantan Pemred Pontianak Post Bapak Drs B Salman yang kini menjabat Wakil Direktur bersama Bapak Budi Darmawan di lokasi pemakaman Almarhumah di BLKI Pontianak . Foto Asep Haryono

KEREN :  Keren sekali kaca mata yang dikenakan Bapak Khairulrahman, Redaktur Pontianak Post dan juga seorang Pengusaha Property ini saat dilokasi pemakaman BLKI. Foto Asep Haryono











0 Comments


EmoticonEmoticon