Tanda2 Kehamilan Minggu Pertama yang Bisa Anda Ketahui


Awal hamil via youtube.com

Bagaimana tanda2 kehamilan awal? Apakah hanya tidak haid daja tanda2 kehamilan awal itu? Apa saja tanda2 kehamilan di awal minggu? Yuk simak penjelasannya disini.

Tidak menstruasi tau telat menstruasi bukanlah satu-satunya tanda yang menjadi tolak ukur bagi Anda untuk menentukan apakah Anda telah hamil atau belum. Selama awal kehamilan, payudara Anda mungkin terasa sakit, sensitif, atau keras saat disentuh. Kedua payudara juga mungkin terasa lebih padat dan lebih lengkapnya simak penjelasannya disini.

Baca Juga : Mengungkap Mitos Kista Rahim yang Dihubungkan dengan Kesuburan Wanita

Meskipun kita ingin punya anak dan telah mempersiapkannya, kadang-kadang kita tidak tahu tanda2 kehamilan awal bila kita baru mengalaminya pertama kali. Tanda2 kehamilan yang paling umum adalah mual, pusing, pendarahan di awal kehamilan, dan perubahan hormonal.

Apakah saya hamil? Untuk mengetahuinya Berikut kami jelaskan dengan lengkap apa saja tanda2 kehamilan awal yang pasti. Ada beberapa tanda2 kehamilan yang jarang disadari oleh wanita atau calon ibu. Misalnya, muncul flek, keram, mual, sembelit, dll. Setiap wanita mengalami tanda2 kehamilan yang berbeda-beda. Namun, tanda2 kehamilan di bawah ini layak untuk dicermati karena kebanyakan wanita yang tengah hamil muda mengalaminya tanpa mereka sadari.

Tanda2 kehamilan memang bisa sering dirasakan sejak awal kehamilan. Bagaimanapun kehamilan bisa merubah tubuh ibu sehingga membuat perasaan sang ibu tidak menentu, bagi pasangan yang merencanakan kehamilan, maka berbagai tanda tanda kehamilan pada tahap awal tentu sangat menyenangkan.


Tanda hamil via agil-asshofie.blogspot.com

Tanda2 Kehamilan Minggu Pertama Wajib Diperhatikan

1. Kesemutan pada Payudara

Beberapa wanita bisa merasakan kesemutan pada payudara ketika masuk minggu pertama kehamilan. Pada tahap awal biasanya payudara mulai berubah karena bersiap untuk menghasilkan ASI.

Perubahan ini membuat rasa payudara menjadi nyeri, berat, dan terlihat sangat lembut jika disentuh. Beberapa wanita juga merasakan sakit seperti nyeri yang kuat dari dalam payudara. Pada masa ini bisa jadi tubuh sedang mengalami perkembangan pembuahan dari calon janin.

Namun, beberapa wanita bisa menerima kondisi ini karena efek samping pil KB jadi sulit untuk merasakan tanda kehamilan awal. Rasa nyeri dan kesemutan pada payudara juga sering menjadi ciri menstruasi akan datang dan bukan tanda awal kehamilan. Jadi rasa kesemutan pada payudara bisa saja terasa dengan kuat atau sangat lemah.

2. Daerah Areola Menjadi Gelap

Beberapa wanita yang hamil pada minggu pertama juga bisa merasakan tanda seperti daerah areola yang menjadi lebih gelap. Areola adalah daerah luar di sekitar puting payudara. Tanda awal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon tubuh ketika payudara bersiap menghasilkan ASI untuk calon bayi.

Perubahan warna areola juga akan memudahkan ketika ibu menyusui sambil tiduran ketika bayi sudah lahir. Namun perubahan ini juga bisa baru terjadi pada beberapa minggu setelah kehamilan. Jadi tanda ini bisa saja muncul pada tahap awal kehamilan atau pada masa pertengahan.

3. Flek Merah Seperti Menstruasi

Terkadang beberapa wanita juga mendapatkan tanda yang mengejutkan seperti flek merah seperti pada tahap awal masa menstruasi. Bercak merah ini berbeda dengan bercak menstruasi karena warnanya merah muda dan sangat bersih. Bercak merah ini sebenarnya adalah tanda bahwa telah terjadi pembuahan dari sperma dan ovum.

Pertanda ini biasanya muncul setelah 5 – 10 hari setelah terjadi pembuahan. Ketika embrio berhasil melekat pada rahim, maka darah ringan akan keluar seperti menstruas. Beberapa wanita bisa mendapatkan tanda ini dan mengira ini adalah menstruasi seperti biasanya.

Namun, terkadang ada wanita hamil yang tidak mendapatkan tanda ini. Tanda flek merah ini berbeda dengan flek merah sebagai ciri-ciri anak mau menstrusi. Rasa khawatir akan segera menstruasi juga karena rasa takut akibat telat haid yang sering dihadapi perempuan.

4. Tubuh Sangat Lelah

Tubuh terasa sangat lelah dan membuat tubuh seperti tidak biasanya ketika beraktifitas. Ini adalah pertanda yang sangat wajar pada minggu pertama kehamilan. Tubuh akan terasa seperti kehilangan tenaga dan terlihat sangat lemah. Bahkan tubuh seperti membutuhkan energi yang berlebihan untuk melakukan pekerjaan yang ringan.

Kondisi ini terjadi ketika tubuh sedang berproses untuk menyiapkan calon janin yang sudah melekat dalam rahim. Energi tubuh akan kembali seperti semula setelah kehamilan berjalan selama 12 minggu. Pada masa ini biasanya plasenta sudah terbentuk sempurna.

Jadi ibu hamil cepat lelah memang kondisi yang sangat wajar pada awal kehamilan hingga menjelang persalinan, namun juga bisa menjadi tanda gangguan kehamilan yang berat.

5. Mual dan Muntah

Banyak wanita yang merasa tiba-tiba mual dan muntah ketika naik mobil pada tahap minggu pertama kehamilan. Selain itu mual dan muntah juga bisa disebabkan karena rasa tubuh yang sangat sensitif. Mual dan muntah adalah efek yang sangat umum pada kehamilan awal.

Dan ini adalah tanda yang berbeda dengan gejala penyakit maag karena ada perbedaan mual hamil atau maag. Meskipun ada beberapa wanita hamil yang tidak mual saat hamil. Perubahan hormon dalam tubuh menjadi salah satu penyebab mengapa wanita hamil sering mual dan muntah pada awal kehamilan. Rasa mual dan muntah yang berlebihan bisa menyebabkan tubuh lemah dan ibu hamil membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Namun, semua tahap ini akan hilang setelah kehamilan masuk trimester kedua. Bagi wanita sangat beruntung jika bisa hamil tapi tidak mual dan tanpa ngidam.


Hamil via panduankehamilanibu.blogspot.com

6. Sering Buang Air Kecil

Pada tahap minggu pertama sebenarnya embrio baru terbentuk dan sama sekali tidak ada tekanan pada kandung kemih. Namun banyak wanita yang merasakan gejala sering kencing saat hamil sehingga terasa berbeda dengan kondisi ketika ibu tidak hamil.

Hal ini disebabkan karena tekanan pada kandung kemih terjadi ketika ada kontraksi rahim yang lebih kuat. Pembuahan yang terjadi pada rahim membuat tekanan lembut pada kandung kemih. Semakin besar ukuran janin maka tekanan pada kandung kemih juga akan lebih besar. Tapi waspada jika ini adalah bagian dari gejala adanya kista di rahim.

7. Sembelit

Sembelit atau susah BAB saat hamil juga sudah bisa terjadi pada minggu pertama kehamilan. Tekanan hormon dalam tubuh menyebabkan usus mengalami perubahan. Perubahan ini membuat usus bekerja lebih lambat sehingga ibu hamil akan sembelit.

Banyak ibu hamil yang sembelit pada tahap awal ini  namun sama sekali tidak merasakan bahwa ini adalah tanda kehamilan. Jika sembelit terus memburuk maka ibu bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung serat.

Serat akan membantu gerakan usus walaupun terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Tapi wanita juga harus berhati-hati sebab sembelit juga bisa menjadi gejala endometriosis, yaitu penyakit yang umum pada sistem reproduksi wanita.

8. Demam

Demam saat hamil juga bisa muncul ketika kehamilan masuk ke minggu pertama. Kehamilan menyebabkan perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Respon tubuh mendeteksi ada perkembangan yang aneh dalam rahim. Demam bisa terjadi pada pagi dan malam hari, atau tergantung pada kondi.

Si kesehatan umum ibu hamil. Ibu hamil dengan kekebalan tubuh yang lemah bisa mengalami demam yang sangat buruk dan mengira jika ini adalah sakit infeksi biasa. Terkadang demam akan naik turun selama dua minggu kehamilan.

9. Indra Penciuman Menjadi Sensitif

Kehamilan pada minggu pertama juga bisa meningkatkan sensitifitas indra penciuman. Ini salah satu sifat yang tidak pernah diduga oleh ibu hamil. Ketika Anda mencium aroma yang kuat seperti bau ikan goreng, bau masakan yang sedang dimasak, bau busuk dari udara atau bau parfum, maka hidung menjadi sangat sensitif.

Mencium aroma yang sensitif ini menyebabkan ibu hamil akan mual, muntah, sakit kepala dan bahkan tubuh menjadi sangat lemah. Meskipun tidak semua ibu hamil mengalami hal ini, namun ibu hamil bisa mengalami kondisi yang buruk karena mual berlebihan.

Kondisi yang kompleks ini lebih sering dinamakan dengan morning sickness. Ada berbagai macam penyebab morning sickness pada ibu hamil yang selalu terjadi pada trimester awal.


Hamil muda via alohamil.com

Baca Juga : Bagaimana Cara Hamil Cepat Setelah Menikah? Berikut Tipsnya

Itulah 9 tanda2 kehamilan awak yang wajib Anda ketahui, karena beberapa tanda2 kehamilan di atas jarang disadari oleh calon ibu hami. Demikian artikel ini kami buat semoga bermanfaat.

0 Comments


EmoticonEmoticon